Ingin Liburan Hemat Ke Malang? Ini Dia Tipsnya

Siapa yang tidak kenal dengan kota yang terkenal dengan banyaknya destinasi wisata. Kota Malang adalah salah satu kota besar di Provinsi Jawa Timur yang memiliki pesona tersendiri. Tidak hanya kulinernya yang sangat terkenal yaitu Bakso Malang, tetapi juga tempat-tempat wisatanya yang sangat sayang untuk dilewatkan. Malang tidak hanya dikenal dengan wisata Batu Zoo ataupun Jatim Park saja, tetapi juga wisata-wisata peninggalan sejarahnya seperti situs sejarah peninggalan Kerajaan Singosari dan Kanjuruhan. Saking banyaknya destinasi wisata di Kota Malang tersebut, pasti membutuhkan budget wisata yang cukup banyak. Tetapi tenang, ada cara hemat untuk jalan-jalan ke kota uang satu ini.

Pembagian Wilayah Kota Malang

  • Wilayah bagian Timur

Wilayah bagian timur kota Malang merupakan wilayah yang berupa dataran tinggi. Meskipun wilayah bagian timur ini terdiri dari perbukitan, namun tanahnya kurang subur. Kecamatan yang masuk dalam wilayah timur kota Malang adalah Kecamatan Tumpang dan Pakis.

  • Wilayah bagian barat

Wilayah bagian barat kota Malang juga merupakan dataran tinggi. Namun wilayah ini memiliki lahan yang cukup luas sehingga dijadikan area untuk kawasan bisnis dan pendidikan. Kecamatan yang masuk dalam wilayah barat kota Malang adalah Kecamatan Dau dan Wagir

  • Wilayah bagian utara

Wilayah Malang bagian utara adalah wilayah yang paling subur dan cocok untuk lahan pertanian dan perkebunan. Pada wilayah kecamatan Karangploso dan Singosari inilah Anda dapat menemukan berbagai perkebunan serta lahan persawahan.

  • Wilayah bagian selatan

Wilayah kota Malang bagian selatan adalah wilayah yang digunakan untuk pusat industri. Pada kecamatan Pakisaji dan Tajinan yang termasuk pada wilayah selatan Kota Malang Abda akan menemukan banyak sekali pabrik dan industri lainnya.

Cara Menuju Kota Malang

Untuk mengunjungi Kota Malang ada beberapa alternatif transportasi umum yang bisa Anda pilih jika Anda tidak ingin menggunakan kendaraan pribadi untuk mengunjungi kota tersebut. Jika Anda memiliki budget lebih untuk berlibur ke kota Malang, maka Anda dapat memilih moda transportasi seperti pesawat terbang. Jika Anda menggunakan pesawat terbang untuk pergi ke kota Malang maka Anda dapat menuju Bandara Abdul Rahman Saleh. Banyak maskapai lokal yang menyediakan rute dari berbagai kota menuju Malang.

Jika Anda adalah traveler on budget, maka Anda dapat memilih moda transportasi lainnya seperti kereta api dan bus. Jika Anda memilih untuk menggunakan kereta untuk menghemat biaya, maka Anda dapat memilih kelas ekonomi. Jika Anda menggunakan kerta api kelas ekonomi dari Jakarta, maka Anda akan menempuh perjalanan sekitar 17 jam untuk sampai ke Malang. Meskipun terasa lama sekali, namun waktu 17 jam tersebut bisa Anda manfaatkan untuk beristirahat sebelum menempuh perjalanan wisata di kota Malang.

Jika Anda ingin melakukan perjalanan ke Malang dengan menggunakan bus, maka Anda dapat menggunakan bus jurusan Terminal Purbaya dan kemudian dilanjutkan ke terminal Arjosari. Untuk ongkos naik bus dari terminal tersebut ke kota Malang sekitar 30 ribu hingga 50 ribu rupiah.

Penginapan Murah Di Malang

Jika perjalanan Anda kali ini ke Malang adalah travellin on budget, maka tidak ada salahnya untuk mencari penginapan yang semurah mungkin. Bahkan kalau bisa gratis. Jangan salah, di kota Malang ada penginapan gratis lho’ penginapan yang diberi nama Omah Backpacker ini adalah penginapan yang disediakan gratis oleh seseorang bernama Ajeng. Sebagai pemilik sekaligus pengelola, Ajeng memang tidak meminta biaya sepeserpun kepada orang-orang yang menginap di homestay miliknya. Dia hanya meminta para backpacker yang menginap di homestay miliknya untuk menyumbangkan satu buah buku bekas sebagai balas jasa telah menyewa kamar di Omah Backpacker untuk setiap malamnya.

Namun jika Anda ingin menginap di hotel dengan tarif yang terjangkau, maka Anda dapat mencoba menginap di Homestay Information, Gress Homestay, Hotel Pelangi, dan hotel-hotel on budget lainnya di Kota Malang.

Sewa Motor Di Malang

Sebagai traveller on budget, tentunya Anda akan memilih moda transportasi yang sehemat mungkin. Salah satunya adalah memilih sewa motor sebagai alternatif berkendara selama mengunjungi berbagai tempat wisata di kota tersebut. Tarif sewa motor di kota Malang cukup murah, yaitu hanya dengan mengeluarkan biaya sekitar 60 ribu rupiah Anda sudah bisa menyewa satu motor selama 24 jam.

Destinasi Wisata Hemat

Jika Anda telah menemukan tempat persewaan sepeda motor, maka inilah saatnya untuk berwisata di kota Malang. Untuk menghemat biaya, maka Anda dapat mengunjungi tempat-tempat wisata alam yang ada di kota ini. Pantai Balekambang adalah salah satu kekayaan alam milik Kabupaten Malang yang mirip dengan Tanah Lot yang ada di Pulau Bali. Untuk masuk ke dalam lokasi Pantai Balekambang Anda hanya dikenakan tarif 10 ribu rupiah saja. Jika sudah puas ber-swafoto, maka Anda dapat menuju ke Pantai Regent yang terletak di dekat Pantai Balekambang.